Langsung ke konten utama

Honje Merah

    Honje atau yang lebih dikenal masyarakat dengan nama kecombrang (Jawa), kencong atau kincung (Sumatera Utara), bangkot (Bali), dan beberapa nama lainnya, merupakan sejenis tumbuhan rem-pah dan merupakan tumbuhan tahunan ber-bentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Honje atau kecombrang termasuk dalam kerajaan plantae dan masih satu keluarga dari zingiber-aceae. Masyarakat Indonesia sering memanfaatkan kecombrang sebagai bahan makanan yang dapat dikonsumsi meskipun dalam keadaan yang mentah.
Gambar Honje
 ( source : tamanhusadagrahafamili.com )
     Bagian paling terkenal dari tumbuhan honje ini adalah bunganya. Selain mempunyai banyak nama, bunga honje juga terkenal dalam dunia kuliner. Bunganya yang berwarna merah sering dijadikan sebagai bumbu penyedap berbagai macam masakan Nusantara. Di Jawa Barat, kuntum bunga ini seringkali dilalap atau direbus dan dimakan dengan sambal atau sebagai bahan campuran sayur asam dan pepes ikan. Di daerah Banyumas, honje yang dikukus juga dijadikan sebagai bahan campuran pecel. Nasi Megana di Pekalongan juga menggunakan bunga honje yang diiris-iris sebagai bahan campuran urap. Di Tanah Karo, buah honje muda disebut asam cekala. Masakan Batak populer, Arsik Ikan Mas, menggunakan honje sebagai bumbu yang sangat penting. Bunga honje juga dapat dimakan sebagai pecel atau dibuat masakan seperti yang sering dil-akuan orang-orang di Tapanuli Selatan.

       Honje dalam bentuk batang aromanya kurang tajam, namun dapat diolah menjadi bumbu yang dikenal dengan sebutan honje atau rias. Aroma bumbu ini segar, mirip jahe dan lemon. Jika akan dibuat tumisan bisa dipakai yang berbentuk batang. Jika ingin aroma lebih tajam dan rasa asam lebih kuat, pilihlah yang berupa kuntum bunga yang belum mekar berwarna merah muda.

Berikut beberapa manfaat daun honje dalam bidang kesehatan:
  1. Mengobati luka, pada bagian daun honje memiliki kandungan antioksi-dan yang cukup tinggi dibandingkan pada bagian bunga dan rim-pangnya sehingga dapat digunakan sebagai pencuci luka.
  2. Mengobati disentri, karena memiliki kandungan senyawa polifenol yang tinggi daun honje dapat digunakan untuk mengobati disentri.
  3. Mengahalau bau badan, apabila Anda memasak dan mengonsumsi daun muda honje dan bunganya maka baunya akan merasuk ke se-luruh badan sehingga beberapa hari setelah mengonsumsinya baunya masih sangat terasa. Cara ini sangat ampuh untuk menutupi bau keringat. Hal ini dikarenakan kandungan minyak atsiri beserta saponin dan flavonoida.
  4. Memperkuat kinerja dari otak untuk menguatkan daya ingat
  5.  Membantu mencegah osteoporosis / pengeroposan tulang dan gigi.
  6. Mengatasi dehidrasi / kekurangan cairan
  7. Sumber energi alami
  8. Obat alami untuk penyakit kulit seperti campak
  9. Melancarkan peredaran darah
  10. Membantu mengobati anemia / kurang darah / penambah darah
  11. Menguatkan tulang dan sangat baik untuk masa pertumbuhan.
  12. Daun atau pelepah honje dapat dijadikan sabun dengan cara me-memarkan daun atau pelepah hingga berbusa dan kemudian dapat dijadikan sebagai sabun. Anda akan mendapatkan sabun yang bebas dari bahan-bahan kimia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNGKEP SIMUR KURUNG

  Ki Dukun adalah seorang ahli pengobatan yang dipercayai oleh Abah Hendrik untuk memegang perihal kesehatan di Kasepuhan Cipta Mulya. Pengobatan alami yang dilakukan oleh Ki Dukun selalu berdasarkan pengobatan modern. Hal ini didukung dengan penggunaan literatur yang diambil dari salah satu instansi pemerintah di Sukabumi.         Salah satu pengobatan yang khas dilakukan oleh Ki Dukun adalah Ungkep Simur Kurung . Pengertian ungkep simur kurung adalah sauna tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami yang diambil dari tanaman obat dan diramu oleh Ki Dukun. Umumnya manfaat dari pengobatan ini ada-lah menurunkan suhu tubuh agar kembali normal, namun secara khusus sesuai kebutuhan pasien. Pasien yang boleh melakukan ungkep simur kurung ini hanya yang mengalami penyakit kronis namun tidak lekas sembuh. Hal ini dikarenakan ketika dilakukan ungkep pada pasien, Ki Dukun akan memberikan doa-doa untuk kesembuhan pasien kepada yang Maha Kuasa. Bahan-bahan untuk membuat ramuan ungkep simur